Sinetron Indonesia: Putri yang Ditukar, Sinetron Amerika: Switched at Birth, Miripkah?

Standar

sinetron Indonesia

Penggemar sinetron Indonesia tentu mengetahui sinetron “Putri yang Ditukar” dimana serinya mencapai 676 episode. Kalau dibagi 30 hari kira-kira 22,5 bulan, sekitar 2 tahun tayang setiap hari di salah satu TV swasta. Tentunya kalah dibanding dengan Cinta Fitri sebanyak 1002 episode dan ditayangkan di dua stasiun TV swasta.

Bagaimana ceritanya Putri yang Ditukar, silakan cari di internet atau bisa di sini, si punya blog rajin membuat sinopsis cerita sinetron TV.

Saya sendiri sempat menonton sinetron Putri yang Ditukar dan Cinta Fitri, tapi akhirnya nafsu untuk menonton sinetron Indonesia segera tergantikan begitu saya tahu ada film seri Hawaii Five-O versi baru disiarkan lewat Cable TV. Praktis saya langsung putus-tus hubungan dengan acara – acara dari TV swasta nasional. Menonton acara dan berita TV Nasional sangatlah jarang, nonton berita segera tergantikan oleh media berita luar negri dari Cable TV, mau berita dalam negri tinggal buka internet, beres!

Pada salah satu channel di Cable TV, ada film seri “Switched at Birth” mungkin terjemahan bebasnya “tertukar saat lahir” jadi tidak sengaja tertukar oleh (mungkin) perawat di rumah sakit, tempat kedua bayi tersebut dilahirkan. Sedangkan sinetron “Putri yang Ditukar” artinya sengaja ditukar pada saat lahir.

Tentunya setiap film seri atau sinetron ada banyak kejanggalan-kejanggalan yang terlalu nyata untuk bisa dibilang bodoh atau tolol atau naif!

Pada sinetron Putri Yang Ditukar saya tidak mau merinci kejanggalan-kejanggalan yang ada, semua penonton sinetron Indonesia sudah faham, bahkan bisa lebih “pintar” dari penulis cerita dan sutradara.Tapi pada Switched at Birth kejanggalan itu terasa aneh, dan anehnya lagi terjadi pada keluarga kaya (sepertinya keluarga kaya baik hati rata-rata agak bodoh kalau di film-film drama manapun).

Singkat cerita ada 2 ibu yang masing-masing melahirkan seorang bayi perempuan pada hari dan rumah sakit yang sama. Pada saat tertukar di rumah sakit kedua ibu tersebut tidak menyadari, baru  beberapa tahun setelah lahir, tepatnya 3 tahun kemudian, salah satu keluarga, kebetulan keluarga latino (Regina Vasquez dan Angelo Sorrento) sang ayah menyadari kalau anak perempuannya berambut pirang dan bermata biru. Otomatis dia menuduh istrinya selingkuh dengan pria bule Amerika, yang dibantah dengan yakin bahwa ia tidak selingkuh.

sinetron Amerika

Ketika Daphne, si anak bule di keluarga latino ini sakit meningitis, Angelo diam-diam mengecek DNA nya dengan DNA anaknya dan terbukti kalau Daphne tidak ada hubungan biologis dengan Angelo. Langsung tuduhan selingkuh dilontarkan kembali, Regina tetap bersikukuh menyatakan tidak selingkuh, akhirnya Angelo meninggalkan  mereka. Daphne besar sebagai anak tuna runggu (tuli) dan sekolah di sekolah khusus untuk tuna runggu.

Sedangkan si keluarga bule membawa anak latino pulang, dan yang menyadari kalau anak dan orang tuanya tidak sama justru datang dari si anak sendiri ketika sudah besar. Bay, anak latino, menyadari kalau tidak ada kesamaan fisik antara dia dengan orang tuanya dan kakak lakinya. Secara fisik ia berambut hitam, dan mata coklat tua, sedangkan keluarganya rambut pirang atau coklat muda serta bermata biru.

Bay selalu menanyakan apakah dia anak adopsi? Tapi selalu dibantah oleh ibunya (ini yang sangat aneh, masa orang tuanya tidak lihat perbedaan fisik ini). Kecurigaan Bay menguat setelah dia tahu golongan darahnya tidak sama dengan orang tuanya, setelah dia mendapat pelajaran di sekolah tentang macam-macam golongan darah. Akhirnya Bay minta pada orang tuanya untuk test DNA dan terbukti memang tidak ada hubungan biologis.

Cerita selanjutnya kedua keluarga bertemu, dan segala macam problem bermunculan. Mulai dari tuntutan hukum ke rumah sakit, hubungan percintaan antara anak-anak remaja dengan segala problemnya sampai pada munculnya Angelo Sorrento di tengah-tengah mereka.

Film seri ini selesai (sementara) di episode 10 dan akan berlanjut sampai 32 episode. Rupanya setelah 10 episode tanggapan penonton dan rating tentunya sangat baik sehingga channel ABC Family memesan 22 episode lagi, sehingga total menjadi 32 episode untuk season pertama. Episode tambahan ini akan disiarkan di Channel ABC Family (Amerika) pada 3 Januari 2012.

Apakah film Swicthed at Birth akan terus diproduksi sampai beberapa season? Hanya ABC Family Original Production yang bisa menjawab, tapi pastinya adalah tergantung dari 22 episode berikut, akankah sukses dan rating-nya tinggi?

Film Seri Amerika terpanjang adalah Gunsmoke, sampai 20 season sebanyak 635 episode dari tahun 1955-1975. Kedua terpanjang adalah Law & Order sebanyak 20 season 456 episode dari tahun 1990-2010. Perlu diperhatikan biasanya film seri Amerika hanya disiarkan seminggu sekali. Bisa dibayangkan kalau Indonesia memproduksi sinetron sampai 20 season, dimana rata-rata 1 season bisa mencapai 100 lebih episode, apakah penonton Indonesia tidak keblinger?

Sumber : wikipedia SAB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s