Fat Tuesday: Lomba Pancake

Standar

Pancake with honey syrup (bargainbriana.com)

Di bulan Februari ini banyak perayaan agama, setengah agama dan non agama bertebaran. Salah satunya adalah Fat Tuesday atau Shrove Tuesday kalau diartikan secara bahasa Indonesia kira-kira Selasa Gemuk, yaitu pada tanggal 21 Februari untuk tahun ini. Perayaan ini berubah setiap tahunnya, dan biasanya antara tanggal 3 Februari sampai 9 Maret.

Fat Tuesday atau Shrove Tuesday adalah perayaan  yang diadakan satu hari atau beberapa hari (biasanya Minggu) menjelang Ash Wednesday (Rabu Abu) yaitu hari pertama puasa bagi umat Kristen selama 40 hari sebelum Paskah.

Apakah perayaan agama? Rasanya bukan, lebih kepada kebiasaan tradisional menjelang puasa. Shrove sendiri merupakan bentuk past tense dari shrive yang berarti menghapus,  arti lain merupakan masa pengakuan, penebusan, dan pembebaskan dari dosa, jadi sebagai pengingat untuk persiapan masa puasa.

Shrove Tuesday bisa juga disebut sebagai Pancake Day untuk negara-negara tertentu kalau di Perancis disebut Mardi Gras, tentunya tidak sama dengan festival Mardi Gras yang ada di Sydney. Kenapa disebut Pancake Day, karena merupakan makanan sehari-hari yang terbuat dari gula, tepung, lemak dan susu, bahan-bahan tersebut tidak diperbolehkan dipakai selama masa puasa.

Kalau di Indonesia biasanya berpuasa berarti makan kenyang sekali dalam sehari, bisa juga berpantang yaitu memasak makanan tanpa garam, tidak makan daging merah, tidak merokok, tidak jajan untuk anak sekolah, dan banyak macam. Pada intinya tidak melakukan atau mengurangi aktifitas makan, minum atau lainnya yang berupa kesenangan duniawi. Tidak tahu apakah di Indonesia juga ada atau tidak yang merayakan Fat Tuesday.

Pancake Race in Olney-Buckinghamshire 2011 (britainbyheart.com)

Di Inggris, pada Fat Tuesday (Shrove Tuesday) selalu diadakan perlombaan pancake. Menurut cerita jaman dulu seorang ibu di Olney, Buckinghamshire, begitu sibuknya membuat pancake sampai lupa waktu akhirnya terdengar lonceng gereja yang mengingatkan untuk pergi ke Gereja. Karena terburu-burunya, si ibu tersebut pergi ke Gereja sambil membawa penggorengan yang berisi pancake. Pada tahun berikutnya, hal yang sama terulang kembali tetapi para tetangga juga ikut serta sehingga tanpa disadari menjadi perlombaan siapa yang lebih dulu sampai di Gereja dan mendapat “Kiss of Peace” dari petugas lonceng. Peristiwa itulah yang mengilhami perlombaan pancake di Inggris sampai sekarang termasuk di Olney. Khusus untuk Olney, peserta sangat terbatas dan yang ikut lomba hanya penduduk Olney atau sudah 3 bulan tinggal di sana. Jarak yang ditempuh adalah 415 yard  (sekitar 400 meter) dari Olney Market Place sampai Parish Church.

Biasanya yang mengikuti perlombaan ini adalah para wanita atau ibu-ibu, kalau peserta pria atau bapak-bapak mau ikut serta mereka harus berpakaian ala perempuan jaman dulu yaitu baju wanita lengkap dengan celemek dan penutup kepala, tradisi perlombaan pancake ini sudah dimulai sejak tahun 1445. Selama lomba peserta membawa pengorengan yang berisi pancake, dan harus mengayunkan penggorengan beberapa kali untuk membolak balik pancake sebelum sampai di garis finish.

Billy Warden

Billy Warden wins the pancake race in Liberal, Kansas 1950 (pancakeday.net)

Di Liberal, Kansas, USA juga diadakan Pancake Day sejak tahun 1950. Jarak yang ditempuh sekitar 400 meter, berawal dari Kansas Avenue depan Memorial Library dan berakhir di Lincoln Street di depan International Pancake Day Hall of Fame, festival pancake day berlangsung selama 4 hari.

Serabi Solo (openrice.com)

Seandainya di Indonesia ada juga perlombaan pancake untuk menyambut Rabu Abu, pastinya lomba membuat kue serabi yang enak, tidak perlu harus lomba lari sambil mengayunkan penggorengan, nanti malah dibilang ikut-kutan budaya asing segala. Banyak resep enak kue serabi, dengan saus kinca, dengan isi pisang seperti serabi solo, atau serabi bandung yang oncomnya.

Selamat menjalankan puasa dan pantang bagi teman-teman yang melaksanakan.

Versi lain di Kompasiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s