Easter Day, Easter Bunny dan Easter Egg

Standar

Perayaan Easter selama ini diartikan sebagai perayaan Hari Kebangkitan Yesus Kristus (8 April 2012) sesudah disalibkan pada hari Jumat yang dirayakan oleh umat Kristen sebagai Jumat Agung (6 April 2012).

Sejarah dari perayaan Easter ini berasal dari perayaan dewi Eastre kadang disebut Eostre yang merupakan dewi musim semi dan kesuburan yang disembah oleh suku Teutonic pada jaman pra Kristen di Jerman. Menurut legenda pada jaman itu, dimana suku Teutonic yang sudah memeluk agama Kristen, para missionaris mengambil dan menukar perayaan Eastre sebagai perayaan Kebangkitan Yesus, yang kebetulan juga jatuh pada awal musim semi.  Awalnya sekedar meneruskan tradisi perayaan musim semi suku Teutonic, tapi arti dan tujuannya sudah berubah.

Melalui pengalihan kata dan terjemahan yang salah pada jaman itu Eastre menjadi Esostarum (bahasa Jerman Kuno) dan menjadi Easter dalam bahasa Inggris (Anglo-Saxon). Dalam bahasa Spanyol dikenal Pascua, dalam bahasa Perancis Paques, kedua kata ini berasal dari bahasa Yunani dan Latin Pascha atau Pasch yang berarti Passover (Hebrew: Pesach) yaitu memperingati keluarnya orang-orang Israel dari Mesir pada jaman dulu, yang dikenal dengan sebutan Paskah Yahudi.

Easter EggEaster Egg dari Croatia (weirdomatic.com)

Perayaan Easter ini tidak komplit kalau tidak ada Easter Bunny (kelinci) dan Easter Egg (telur). Kedua simbol ini merupakan simbol dari suku Teutonic dimana Eastre sebagai dewi kesuburan (fertility) disimbolkan dengan kelinci dimana binatang ini mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi dan musim semi yang menggambarkan kebangkitan (rebirth) dan pembaruan (renewal) disimbolkan dengan telur.

Pada jaman modern seperti sekarang ini semua perayaan yang dilakukan oleh mahluk di bumi mempunyai nilai ekonomis atau komersial. Pada perayaan Kebangkitan Yesus dimana sebagian orang lebih suka menyebut dengan ucapan “Happy Easter” tidak luput dari komersialisme yaitu penjualan coklat Easter Egg dan boneka Easter Bunny.

Easter BunnyEaster Bunny

Legenda Easter Bunny pertama kali didokumentasikan sekitar tahun 1500an. Sekitar tahun 1680 terbitlah cerita tentang Easter Bunny menaruh telur-telurnya dan menyembunyikan di kebun. Cerita ini dibawa oleh imigran Jerman ke Amerika sekitar tahun 1700an yang berdomisili di Pensylvania.

Sumber: history.com, curiosity.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s