Mau Baca Buku Gratis? Ungguhlah E-Book Gratis!

Standar

ebook reader

Hobi membaca sudah ada sejak kecil, artinya setelah lancar melihat gambar tapi gagap membaca tulisan, orang tua sudah memberikan majalah anak-anak, salah satunya BOBO sebagai bacaan wajib sampai akhir sekolah dasar.

Waktu masih gagap baca tulisan, tentu saja gagap karena BOBO yang diberikan adalah berbahasa Belanda, jadi cukup lihat gambar, almarhum ibu yang membaca sambil menterjemahkan. Setelah lancar baca akhirnya mulai membaca majalah anak si Kuncung, lungsuran dari kakak. Jarak umur antara saya dengan kakak cukup jauh, jadi kalau soal baca buku atau komik atau majalah tinggal pilih setelah diseleksi asal oleh kakak-kakak saya.

Selain membaca ada kenikmatan lain yaitu mengoleksi buku. Hampir semua buku koleksi disampul plastik dan ditata rapih berdasarkan pengarangnya. Kesulitannya sekarang adalah harga buku yang tidak murah, dan penyimpanan yang luar biasa. Apalagi setelah beberapa kali pindah rumah, buku menjadi kendala utama, ditinggal atau diberikan ke orang lain …. sayang alias tidak tega, dibawa kemana-mana juga beratnya tidak nahanin….

Untuk beberapa saat hobi membeli buku dipendam tapi membaca masih lancar setelah pinjam buku kemana-mana, sampai akhirnya habislah buku-buku yang dipinjam.

Masalah membeli buku terpecahkan setelah bisa mengunduh dari berbagai website ebook secara gratis. Kendala yang berikut adalah membaca di depan komputer desktop atau laptop atau notebook, tidak nyaman dan terutama mata cepat lelah karena layar komputer kurang bersahabat.

Akhirnya diputuskan untuk punya ebook reader sebagai solusi. Soal harga bervariasi jadi tinggal pintar-pintar saja memilih dan kemudian pintar-pintar mencari situs yang bisa mengunduh secara gratis tis tis alias zero Rupiah atau Dollar, tapi bayar biaya pulsa.

Membaca melalui ebook reader sangatlah praktis, karena alat tersebut dapat menampung mulai dari 1.400 – 6.000 judul buku tergantung memori yang terdapat dalam alat tersebut. Besarnya alat tersebut seperti buku novel biasa dan ringan tidak sampai 1 kilo. Baterei tahan lama bisa sampai 30 jam dalam keadaan nyala. Mata tidak lelah karena menggunakan e ink, sehingga tampilan persis seperti membaca buku biasa. Tentu saja selain menggunakan ebook reader khusus, bisa juga melalui hape android, tablet book, atau gadget lain yang mudah dibawa-bawa. Harus pintar memilih gadget agar mata tidak lelah, sebaiknya yang tidak berwarna atau black and white.

Rajin melihat Amazon.com atau situs tentang buku baru, untuk mengetahui buku-buku apa saja yang baru, bahkan kalau perlu membaca ulasan dari pembaca lain, lalu mencari di situs gratisan. Buku-buku karangan Agatha Christie, John Grisham, Dan Brown, Rick Riordan, Tom Clancy, Ken Follet bahkan cerita rompis (roman picisan), majalah, surat kabar, komik sampai cerita silat semuanya bisa masuk dalam satu ebook reader. Apalagi buku-buku berbahasa Inggris cukup mahal dijual di toko buku, kini saya bisa mengunduh gratis dari website yang banyak tersebar di internet dan membacanya dengan ebook reader.

Kebetulan ebook reader saya sudah terdapat kamus bahasa Inggris-Inggris, sehingga kalau ada kata dalam bahasa Inggris yang kurang mengerti, tinggal geser cursor dan klik kata tersebut akan keluarlah arti kata tersebut, tentunya dalam bahasa Inggris juga…….

Dimuat di Kompasiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s