Theodore Boone: Buku Seri Remaja oleh John Grisham

Standar
KidLawyer_AF

Hasil pencarian ebook gratis dapat buku John Grisham untuk remaja yaitu Theodore Boone: Kid Lawyer, The Abduction dan The Accused. Buku pertama dan kedua sudah ada terjemahannya oleh Gramedia.

Theo, kadang ibunya memanggil dengan Teddy adalah remaja 13 tahun (kelas 8) yang sangat tergila-gila dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum. Mempunyai orang tua yang bergerak dibidang hukum, membuat Theo sangat mengenal hampir semua orang-orang yang bekerja di pengadilan di kota Strattenburg, mulai dari hakim, pengacara, jaksa, juru tulis sampai ke petugas pengadilan (bailliff), demikian pula sebaliknya.

Theo berbeda dengan anak remaja laki lainnya, dimana sehabis sekolah usai kebanyakan bermain bola atau melakukan hal-hal yang dilakukan anak seusianya, Theo selalu menghabiskan waktunya di kantor orangtuanya atau hadir di ruang pengadilan yang sedang berlangsung proses pengadilan. Kadang “di ruang kantornya” yang bertempat di gudang tempat penyimpanan arsip-arsip lama, Theo mengerjakan PR atau memberikan nasihat hukum kepada teman-temannya yang membutuhkannya. Salah satunya ketika temannya bingung karena rumah orangtuanya akan disita bank karena menunggak pembayaran selama 4 bulan, Theo menyarankan agar orangtua temannya pergi ke pengacara yang mengurus masalah kebangkrutan (bankruptsy) yang direferensikan.

Theo sendiri bercita-cita menjadi pengacara atau hakim, ia sangat menyukai proses yang berlangsung di ruang pengadilan. Bahkan ia sudah mengalami menjadi “pembela” di Animal Court beberapa kali dalam usaha menolong teman-temannya dalam kasus kepemilikan binatang peliharaan yang bermasalah.

Untuk bisa hadir melihat proses pengadilan, Theo rela mengorbankan untuk tidak masuk sekolah dengan berbagai macam usaha, misalnya pura-pura sakit perut, pusing bahkan ketika ia bersikeras dengan orang tuanya untuk bisa hadir di Family Court sebagai saksi. Untuk bisa hadir di pengadilan tanpa ketahuan oleh Hakim atau petugas pengadilan selama jam sekolah, Theo sudah punya beberapa ruang rahasia.

Kid Lawyer, buku pertama, menceritakan tentang proses pengadilan dimana Pete Duffy tertuduh sebagai pembunuh mendiang istrinya. Hanya saja tidak ada bukti-bukti langsung yang bisa menjerat Duffy. Hanya Theo yang tahu bahwa ada saksi kunci yang bisa memberatkan si tertuduh, dan ia berusaha keras bagaimana agar si pembunuh tidak dinyatakan bebas atau tidak bersalah oleh juri.

Buku kedua, The Abduction atau penculikan, menceritakan tentang hilangnya sahabat Theo yaitu April. Sedangkan buku ketiga, The Accused atau tertuduh, kali ini Theodore Boone menjadi satu-satunya tertuduh dalam kasus pencurian di toko komputer.

Seri Theodore Boone, half the man twice the lawyer, patut menjadi koleksi bacaan remaja selain Famous Five, Secret Seven, Five Find-Outers yang diterjemahkan ke versi Indonesia menjadi Lima Sekawan, Sapta Siaga dan Pasukan Mau Tahu, atau seri remaja lain seperti Nancy Drew dan Hardy Boys.

Koleksi Theodore Boone yang lain karya dari John Grisham bisa dilihat di theodoreboone.com
Sudah pernah dimuat di Kompasiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s