Persaingan Antara Executive Chef dan Secret Sevice

Standar
julie hyzy
Rajin mencari free download ebook alias unduh gratis buku elektronik di internet akhirnya ketemu cerita serial misteri yaitu Chef White House Mystery yang ditulis oleh Julie Hyzy.

Bagi penggemar cerita misteri atau detektif ala Agatha Christie ada alternatif bacaan misteri lain. Cerita ini berkisar di seputaran kegiatan sehari-hari di White House.

Tokoh utama cerita ini adalah Olivia Paras yang biasa dipanggil Ollie, seorang assistant chef di White House. Tentunya pekerjaan sehari-hari adalah mempersiapkan jamuan makan pagi, siang dan malam keluarga Presiden dan jamuan resmi negara di White House, sekali-kali juga menjadi chef tamu di Camp David, tergantung situasi. Kalau sering nonton film seri luar seperti West Wing atau Scandal atau film lepas tentang White House biasanya dilihat dari sisi keluarga Presiden, Secret Service, atau orang-orang di sekitar Presiden. Julie Hyzy menulis kisah misteri ini dari sudut pandang chef, sebagian dari kejadian di White House ternyata ada keterlibatan Ollie di dalamnya tanpa bisa dihindari atau tanpa diminta.

Cerita yang ditulis Hyzy tentunya fiktif, walaupun hanya sekedar imajinasi penulis tentunya tidak boleh sembarangan menulis karena melibatkan divisi-divisi yang ada di White House seperti Secret Service khusus untuk perlindungan presiden atau PPD (Presidential Protective Division), Head of the Executive Residence Operation and Staff, Chief Usher, ada lagi Head of Etiquette Affairs atau Chief of Sensitivity (kalau divisi ini katanya baru dibentuk atau hanya imajinasi si penulis).

Menurut pengakuan Julie Hyzy, ia melakukan riset lewat internet di website Homeland Security, Camp David, White House bahkan bertanya-tanya pada orang dalam di White House agar tidak terlalu menyimpang dari kenyataan.

State of the Onion, bermula dari Ollie yang tanpa disengaja berhasil melumpuhkan penyusup yang sedang dikejar oleh para agen Secret Service dengan penggorengan (frying pan) yang sebetulnya merupakan hadiah untuk Henry, Executive Chef yang akan pensiun. Penyusup tersebut ingin bertemu dengan Presiden untuk menyampaikan berita penting, tetapi karena digagalkan oleh Ollie dan Secret Service, malahan mengakibatkan Ollie harus berurusan dengan pembunuh bayaran yang disebut The Chamaleon. Sesudah peristiwa percobaan pembunuhan kepala negara sahabat, kejadian berikutnya adalah perisiwa bom di White House.

Hail of the Chef, buku kedua menceritakan Ollie sudah mendapat jabatan baru sebagai First Female of Executive Chef White House. Dengan ditemukannya bom mengakibatkan semua staf residen di White diberikan pelatihan untuk tanggap darurat, langkah-langkah apa yang harus dilakukan kalau menemukan benda-benda yang tidak layak ada pada tempatnya atau mengenali bentuk bom. Peristiwa bom berlalu, Ollie kembali terlibat dalam peristiwa lain di White House dan kali ini sebagai tersangka utama bersama chef yang lain, karena tamu penting Carl Minkus meninggal dunia beberapa jam setelah jamuan makan malam yang dihidangkan oleh Ollie dan kawan-kawan.

Eggsecutive Orders, gara-gara hal tersebut acara tahunan Easter Egg Roll terancam batal karena Ollie dan kawan-kawan dilarang ke dapur White House untuk waktu tak terbatas sampai penyelidikan tuntas. Julie Hyzy juga menceritakan bagaimana nasib para staf residen dengan adanya pergantian kepemimpinan. Pada 3 buku pertama di bawah kepemimpinan Presiden Harrison R. Campbell dan First lady Elaine Campbell.

Buku keempat Buffalo West Wing, kisah dimulai dari pelantikan presiden baru yaitu Parker Hyden dan istrinya Denise beserta kedua anaknya Abigail 13 tahun dan Joshua 9 tahun. Presiden baru berarti akan ada pegawai baru dan pegawai lama siap-siap untuk diganti. Ollie harus menunjukkan “who’s the boss” di dapur White House ketika First Lady Denise membawa chef pribadi untuk mengurusi makanan sehari-hari keluarga Presiden. Di buku ini juga diceritakan bagaimana First Lady terkejut mendapat tagihan untuk bahan-bahan makanan yang dibeli oleh chef pribadinya, dan baru mengetahui kalau biaya makanan sehari-hari keluarga presiden di luar jamuan resmi negara harus ditanggung oleh keluarga presiden pribadi bukan oleh negara! (bagaimana dengan di Indonesia, ada yang tahu?).

Ollie kembali terlibat dalam peristiwa besar, setelah di buku keempat berhasil menyelamatkan salah satu anggota keluarga Presiden Hyden dari penculikan, pada Affairs of Steak Ollie tidak sendirian, kali ini bersama dengan Peter Sargeant menemukan Chief of Staff dan Secretary of First Lady menjadi korban pembunuhan di salah satu gedung dekat White House yang rencananya akan dipakai untuk pesta ulang tahun salah satu pejabat negara yang diselenggarakan oleh First Lady.

Bagi saya cerita tentang Ollie sangatlah seru, asyik dibaca, bahasanya tidak rumit walaupun ditulis dalam bahasa Inggris, rasanya tidak sabar untuk mengetahui akhir cerita dari setiap bukunya.

Serial Chef White House Mystery sampai dengan saat ini telah terbit lima buku, buku keenam akan dirilis 31 Desember 2012 dengan judul Fonduing Fathers. Sisi lain yang menarik adalah perlakuan para agen Secret Service dan rekan kerja lain chef Cyan dan chef Bucky yang selalu mengatakan, “why is it always you, Ollie?” Kenapa selalu harus Ollie terlibat dalam peristiwa “besar” di White House?. Menurut Special Agent Leonard Gavin, Ollie mempunyai bakat sebagai penyelidik atau mencium sesuatu yang mencurigakan, tapi bagi Chief PPD Secret Service Agent Tom MacKenzie, Ollie tidak lebih dari orang yang selalu mendekati bahaya.

Buku pertama State of the Onions mendapat beberapa penghargaan antara lain Barry Award dan Anthony Award 2009 untuk Best Paperback Original serta Lovely Award 2009 untuk Best Traditional Mystery. Bagi yang suka masak, Julie Hyzy menyediakan beberapa resep makanan di setiap bukunya. Bagi penggemar cerita misteri atau detektif ringan, buku ini bisa dijadikan koleksi baru. Apakah sudah ada terjemahannya? Rasanya belum ada. Dimana bisa beli buku ini? Mungkin ada di toko buku yang menjual buku-buku import, atau beli online lewat Amazon, atau seperti saya surfing internet cari ebook gratis!

Koleksi lengkapnya bisa dilihat di Julie Hyzy.com

Sudah pernah dimuat di Kompasiana
Lanjutan tulisan ini buku kesembilan

One response »

  1. Ping-balik: Julie Hyzy: White House Chef Mysteries | magentalight

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s