Gagal Paham dari Pernyataan Prof Moshe Sharon

Standar

gagal paham.jpg

Saya pernah beberapa kali menulis (di blog keroyokan) tentang suatu berita yang dipelintir demi kepentingan suatu kelompok, golongan atau agama. Paling banyak adalah berita tentang agama, baik seseorang yang pindah dari agama satu ke agama lain, atau pernyataan seorang ahli baik itu ahli kitab, ahli sejarah, ahli fisika, atau banyak ahli-ahli yang lain yang salah dimengerti atau salah diterjemahkan atau istilah kekinian adalah gagal paham.

Baru-baru ini saya kebetulan melihat di facebook, salah satu teman men-share link yang mengatakan bahwa “semua nabi adalah muslim mulai dari Adam,” dan pernyataan ini dikatakan oleh Prof (Yahudi) Moshe Sharon. Jadi diinterpertasikan atau diyakini oleh sebagian banyak umat Islam (muslim) bahwa ‘seorang Prof berkebangsaan Yahudi mengakui dan menegaskan kalau hanya ada satu agama dari mulai semesta ini diciptakan yaitu agama Islam’.

Padahal kalau melihat berita aslinya tentunya dalam bahasa Inggris dan videonya dari awal, perhatikan dan simak baik-baik kalimat awal yang diucapkan oleh Prof Sharon adalah yang menentukan, dimana justru artinya adalah kebalikannya dari pendapat sebagian pemirsa muslim yang membaca dan menonton video itu.

Di video yang beredar oleh ArutzShevaTV (Israelnationalnews.com) dikatakan oleh Prof Moshe Sharon dari Hebrew University of Jerusalem kepada Arutz Sheva :

“There is a question, is the attitude of Islam to history? And in fact what we find: The basic attitude [of Islam] is that all history is, in fact, Islamic history. That means that all the major figures of history are basically Muslims, from Adam down to our own time.”

(“Ada pertanyaan, sikap atau pemikiran Islam terhadap sejarah? Dan kenyataannya kami mendapatkan: dasar pemikiran (dari Islam) bahwa semua sejarah, faktanya sejarah islami. Itu berarti semua tokoh-tokoh besar dalam sejarah adalah dasarnya muslim, dari Adam sampai sekarang”)

Ada beberapa pernyataan yang menarik dari Prof Sharon, yaitu:

He added, “You can understand that through Islamization of history you’ve got Islamization of geography. Anywhere that was connected with these prophets, who were all Muslims [according to Islamic imagination], becomes Muslim territory.”

(Dia menambahkan, “kalian dapat memahami bahwa melalui Islamisasi sejarah kalian mendapatkan  Islamisasi geografi. Dimana saja yang berhubungan dengan nabi-nabi ini, yang mana semuanya muslim (menurut bayangan Islami), menjadi wilayah muslim”)

“There is no Islamic occupation,” he said. “If somebody occupied anything, it will always be somebody else, not the Muslims. There’s no Islamic occupation, there’s only Islamic liberation.”

(“Tidak ada penjajahan Islami,” katanya. “Jika seseorang menduduki sesuatu, hal tersebut biasanya dilakukan oleh non muslim, bukan muslim. Tidak ada pendudukan Islami, yang ada adalah hanya pembebasan Islami”)

Jadi kalau kita membaca dengan pelan-pelan dan memahami dengan benar apa yang  dikatakan oleh Prof Moshe Sharon, kita akan tahu apa yang sebenarnya dikatakan oleh Prof Sharon dan tidak salah menafsirnya dan menyebarkan video tersebut dengan ulasan yang salah, jangan sampai berita yang disebarkan menjadi olok-olok pembaca lain yang mengerti.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s