Kristen = Nasrani?

Standar

nasrani.jpg

Tidak jelas kenapa orang yang beragama Kristen secara umum (kebanyakan) disebut Nasrani. Biasanya yang menyebut Nasrani adalah orang-orang yang beragama Islam karena di Al Quran selalu ada ayat-ayat yang menyebut orang Nasrani dan ditafsir sebagai orang yang beragama Kristen.

Siapa orang-orang yang disebut Nasrani itu? Mereka adalah orang-orang yang mengikuti ajaran Yesus lewat St Thomas di  Kerala, India. Komunitas ini dinamakan St Thomas Christian juga disebut Syrian Christian atau Nasrani, yang dipercaya bahwa St Thomas melakukan kegiatan misionaris pada abad 1, dan diyakini merupakan komunitas  Kristen tertua di dunia.

Komunitas Kristen St Thomas mewakili satu grup ethnic dengan dasar budaya Hindu dan dipengaruhi oleh beberapa budaya dari Syria Barat, Syria Selatan, Yahudi dan terakhir Eropa. Bahasa yang digunakan bahasa daerah di Kerala yaitu Malayalam, dan bahasa Syriac untuk liturginya. Bahasa Syriac adalah bahasa Arab dengan dialek Aramaic, bahasa  pecakapan yang digunakan oleh Yesus.

Seiring berjalannya waktu Syrian Christian tidak dianggap sebagai etnis tapi sebagai  koneksi  sejarah, aliran agama dan liturgi  Gereja dari Timur atau East Syrian Church di Kerala, India.

Agama Kristen  ada dua pengaruh yaitu  pengaruh dari Barat seperti di negara Indonesia, Filipina, Korea, Taiwan, Timor Timur,  Austalia, Amerika, Canada dan sebagian besar Eropah. Sedangkan Yunani, Suriah, Mesir, Eropa Timur, Lebanon, Turki, Irak sering disebut dengan Kriten Syria yang jumlahnya makin lama makin berkurang karena situasi politik di negara tsb.

Bisa dilihat kalau orang-orang Nasrani ini sangat dipengaruhi dengan budaya Hindu, Syria, Yahudi maka tata cara ibadah mereka sedikit banyak terpengaruh juga baik dari puasa, korban, waktu berdoa, cara berpakaian,  haram halal makanan, doa, nyanyian pujian, dll.

Jadi paling tidak kita tahu bahwa Nasrani adalah orang yang beragama Kristen Syria atau Orthodox di negara tertentu, sedangkan  orang-orang Kristen lainnya bukanlah orang Nasrani.

Jangan juga cepat percaya kalau ada yang menuduh Kristenisasi karena ada agama Kristen yang doanya dan kidungnya menggunakan bahasa Arab, puasa, kurban yang mirip-mirip agama lain, dan berpakaian seperti orang Arab pada umumnya.

Bisa juga dibaca artikel tambahan ini.

Sumber: Wikipedia 1, Wikipedia 2, NSC Network

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s