Sarapan Pagi dengan Muesli

Standar

muesli 3.jpg

Ada yang belum tahu muesli? Kalau sarapan pagi dengan muesli, selamat artinya sudah termasuk golongan yang biasa disebut dengan “peduli makanan sehat”.

Muesli terdiri dari raw rolled oat, dry fruit (kismis, peach, apricot, apel, dll), seeds (chia, bunga matahari, dll), nuts (almond, dll), fresh fruit (pisang, strawberry, kiwi, dll) dicampur dengan susu sapi (full cream, non fat), soy milk, almond milk, fruit juice atau yogurt (cair atau kental) dan dimakan dalam keadaan dingin.

Sarapan pagi ini dikembangkan sekitar tahun 1900 oleh Maximillian Bircher-Benner yang berkebangsaan Swiss dan diperuntukan untuk makanan pasien di rumah sakit.

Muesli tersedia dalam bentuk paket yang sudah jadi siap dimakan, ada juga yang harus dibuat sendiri secara fresh. Banyak di supermarket besar yang menjual bahan-bahan untuk membuat muesli sendiri sesuai selera, dan rata-rata adalah produk import.

Saya mencoba mencari lewat google bagaimana membuat muesli sendiri yang paling gampang, murah dan tidak menguras kantong. Perbandingan antara muesli dan susu/yogurt adalah 1:1, yang artinya apabila muesli sebanyak 1/2 cup maka susu/yogurt/jus buah juga 1/2 cup. Bahan yang lain sesuai selera.

muesli 1.jpg

Pertama-tama siapkan bahan-bahannya berupa:

  • 1/2 cup havermut/oatmeal yang quick cook,
  • satu potong pisang ambon matang
  • 1/2 cup susu/yogurt/jus buah
  • kalau ada kismis atau buah kering lain bisa ditambahkan sesuai selera
  • botol kaca yang mempunyai penutup, bisa botol bekas selai

Cara membuatnya sebagai berikut:

  • lumatkan pisang (kalau besar bisa separuhnya)
  • campur oatmeal dengan pisang agar merata
  • tambahkan kismis, potongan buah apricot kering (optional)
  • kemudian tuangkan susu/yogurt, aduk sampai rata
  • masukkan kedalam botol kaca, tutup erat-erat dan simpan dalam lemari pendingin kurang lebih 8 jam

Muesli biasanya dibuat pada malam hari antara jam 20-22 dan siap dimakan pagi hari antara jam 6-8 pagi. Bisa juga ditambah dengan meisyes, potongan buah strawberry, apel, sesendok makan selai kacang atau selai coklat sesuai selera pada saat mau menyantapnya.

Apabila dirasa kurang cairannya bisa ditambahkan susu/yogurt sesuai selera.

Ingat, karena ini adalah oatmeal otomatis rasanya tidak ada dan rasa manis atau asam sangat tergantung dari campuran yang ada. Kismis dan pisang memberikan rasa manis, strawberry dan apel sedikit rasa asam, susu full cream memberikan rasa gurih, yogurt  memberi rasa asam.

Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s